SELAMAT MEMBACA

Pages

07 Mei 2010

Merpati Pos Sang Penjelajah Angkasa



Kali ini di Informasi Dan Bisnis pengen posting tentang Burung Merpati yang saya masukan dalam kategori HOBI kareni ini juga salah satu hobi saya sob he he, Posting kali ini tentang Merpati pos yang memiliki Kepandaian dan suatu keajaiban dari Tuhan berupa alat Navigasi yang hingga saat ini belum bisa terbongkar misterinya, namun yang jelas dengan kelebihan Navigasinya itu menjadikan Merpati Pos bisa selalu menemukan jalang pulang ke Kandangnya lagi meskipun di lepas dari jarak Puluhan Bahkan Ratusan Kilo meter. Diberi nama Merpati Pos karena dahulu merpati ini memang digunakan untk mengirimkan pesan pesan penting seperti layaknya POs. Keunikan dan kejeniusan Merpati Pos itu tentunya tidak lepas dari sorot matanya yang tajam, namun ternyata selain lewat pandangan matanya waktu terbang ada faktor lain yang jauh lebih mengagumkan lagi yang menyebabkan jarak tak lagi bisa membuatnya lupa untuk pulang kekandangnya dan faktor faktor tersebut akan saya ceritakan kepada teman teman semua yach sebagai semacam tukar pengalaman gitulah siapa tahu ada diantara teman teman yang mau mengoreksi atau menambahkan.


Merpati pos ternyata dalam mengarungi angkasa dan untuk menentukan letak selain mata juga memanfaatkan medan magenet bumi yang bervariasi di masing masing wilayah untuk menentukan tujuan dan hal itupun masih didudukung oleh daya ingat serta setamina yang kuat untuk terbang. Satu hal lagi yang membuat merpati pos kembali kerumah adalah sifatnya yang setia pada pasangannya juga pada saudaranya, mungkin ini pula yang menumbuhkan adanya pepatah “Merpati tidak Pernah Ingkar Janji” ya karena selalu ingat pulang tadi. Merpati Pos adalah burung yang memiliki kemampuan alami untuk menentukan tujuan dan mengenai misteri misteri navigasinya pun telah diselidiki oleh para ahli namun hingga kini kebenarannya masih jadi perdepatan karena tiap ahli memiliki pandangan berbeda tentang navigasi, para ahli tersebut berpendapat beragam mulai dari memanfaatkan matahari, medan magnet bumi, bahkan bebauan dll

Pemeliharaan
Foto: Anak (Piyik) Merpati Pos Racing Pigeon

Untuk memelihara Merpati Pos harus mempunyai ketelatenan lebih dibandingkan memelihara merpati biasa karena syarat mutlaknya kita harus membelinya sejak burung tersebut masih anakan (Piyek) karena bila telah dewasa burung Merpati pos tersebut akan kembali kepemiliknya yang lama sewaktu dia kecil dulu. Nah dengan kita memelihara sejak kecil tersebut maka Si Merpati Pos tersebut seteah dewasa nanti akan Menganggap Rumah Kita sebagai tempat tinggalnya sehingga kemanapun dan dari jarak berapapun dilepaskan dia akan kembali pulang kerumah kita. Dengan pelatihan yang cukup, makanan juga vitamin yang mendukung akan menjadikan merpati pos selalu vit untuk terbang jauh. Karena ibarat Pelari dia tentu membutuhkan setamina yang selalu prima yang dihasilkan dari makanan juga vitamin vitamin tadi.

Bentuk

Merpati pos dilihat dari bentuknya memang memiliki ciri fisik yang sangat menonjol seperti bentuk tubuh yang lebih besar, hidung besar kaki kaki yang kokoh juga sayap sayap yang kuat dan bertenaga, Merpati Pos terbang tidak terlalu tinggi namun tenaganya sangat prima, dan menjadikan merpati pos sebagai Rajanya Pengembara .

Makanan

Makanan untuk Merpati Pos yang sedang dilatih terdiri dari biji bijian seperti Jagung, kacang hijau dapat juga diberi Beras merah yang memiliki kadar protein tinggi, tak ketinggalan juga dengan beberapa vitamin pendukung juga masih ditambah dengan minyak ikan. Untuk beberapa Hobies ada juga yang menambahkan ramuan Jamu Tradisional jawa yang dicampur dengan madu juga kuning telur ayam kampung/bebek.
Dengan tercukupinya makanan dan vitamin diatas akan menjadikan merpati sehat dan lebih mudah dilatih, hal hal yang perlu di tanamkan pada Merpati Pos ialah :

  1. Kemampuat Merpati Pos untuk pidah dari satu tempat ketempat lain
  2. Mampu mengirim dan megembalikan pesan
  3. Mampu mengerti perintah seseorang

Biasanya dalam setiap pasang indukan merpati pos akan bertelur sebanyak 2 butir yang akan dia engrami antara 15-17hari. Anakan (Piyik) Merpati pos dalam usia 40 hari sudah bisa terbang dalam jarak pendek dan untuk pelatihan yang maksimal dimulai saat Merpati Pos tersebut berusia sekitar 7bulan.

Kembli ke sejarah ya dahulu jauh sebelum telegram dan telepon ada, burung Merpati Pos adalah sarana penghubung karajaan kerajaan kuno yang kemudian berlanjut pada perang Dunia Pertama yang berjasa telah menyampaikan berita penting tanpa bisa disadap oleh lawan, tentu hal ini karena daya jelajah merpati pos yang sulit ditebak dengan kecepatan antara 40-50mil perjam, bahkan beberapa merpati mampu terbang sejauh 60mil dalam sehari. Namun kini fungsi penyampaian surat telah digantikan oleh pos dan berlanjut dengan adanya sarana telekomunikasi canggih lainnya seperti telepon, ponsel dan akhirnya internet.
Namun walaupun fungsi pokok menyampaikan suat telah berakhir masa keemasannya seakan tidak pernah surut hingga pada Negara Negara tertentu seperti Jerman, Polandia dan sebagian Negara barat lainnya masih dapat dijumpai banyak klub klub olah raga merpati Pos karena saat ini merpati pos di gunakan untuk perlombaan Penjelajah.
Tak ketinggalan juga di Indonesia kini telah berdiri organisasi ini yaitu POMSI ( Persatuan Olah Raga Merpati Pos Indonesia) berikut alamatnya :

1. POMSI Lang Lang Buana (LLB) Jakarta
Jl. Batu Ceper No. 1 Jakarta Pusat Telp. (021) 3455031 / 08151898901

2. POMSI Elang Bandung
a. Jl. Leuwisari VIII, No. 1 Bandung Telp. (022) 5229647 / 5229648 b. Komplek Koppo Elok Jl. Senja No. 13 Bandung Telp. (022) 5400571

3. POMSI Alap-Alap Bandung (ALBD)
Jl. Teratai NO. 19 Bandung

4. POMSI Garuda Semarang
a. Jl. Taman Ade Irma Suryani No. 3B Semarang 50131 Telp. (024) 543860 b. Jl. Rejosari gang I No. 12 Semarang Telp. (0243) 510973

5. POMSI Mataram Yogyakarta
Jl. Gandekanlor No. 53 Yogyakarta

6. POMSI Angkasa Solo
Optik ILY, Jl. Slamet Riyadi No. 204 Surakarta - Solo Telp. (0271) 623978

7. POMSI Ababil Ponorogo
Jl. Merapi No. 54 Ponorogo Telp. (0352) 488049 / 08123568761 / 08161186180

Sebelum mengakhiri posting ini ada suatu catatan penting yang perlu dikagumi pada Merpati Pos yaitu kemampuannya untuk pulang tadi setelah dilepas dari jarak ratusan kilo meter dan melewati suatu daerah yang sebelunya belum pernah dia lewati. Demikian posting saya di Informasi dan bisnis ini tenyang merpati pos. Bila teman teman ada yang berkenan silahkan share disini. Makasih



Silahkan kunjungi juga posting dibawah ini :


3 komentar:

  1. infonya bagus mas, sangat manfaat. trims sharingnya
    Salam dari Surabaya, A Fauzi
    negriads.com solusi berpromosi

    BalasHapus
  2. Salam kenal dari orang aseli Kulonprogo juga :)

    BalasHapus
  3. cara ikutan menjadi komunitas pomsi bagaimana,,terimakasih...

    BalasHapus

Bila sekiranya berkenan silahkan tinggalkan pesan dibawah ini. Tapi mohon jangan Spam!

Texts