SELAMAT MEMBACA

Pages

23 Januari 2010

Pegunungan Menoreh


INFORMASI DAN BISNIS.
Pegunungan Menoreh adalah pegunungan yang berdiri di tengah wilayah Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pegunungan Menoreh atau Bukit Menoreh adalah sederetan pegunungan yang membujur dari wilayah utara sampai Selatan Kabupaten Kulon Progo, Tepatnya dari Kecamatan Samigaluh, Kecamatan Kalibawang, Kecamatan Girimulyo, makanya tidaklah salah jika kebanyakan orang menyebut daerah Kabupaten Kulon progo bagian utara terdiri dari daerah dataran tinggi. Bagian utara Pegunungan Menoreh kita akan menjumpai sebuah tempat yang juga jadi obyek pariwisata juga andalan Kabupaten Kulon progo yaitu Suroloyo (suralaya) sebuah tempat yang menurut dunia Wayang diidentikkan sebagai tempatnya Para Dewa Baik Bathara Guru, Bathara Narada sebagai wakilnya, Bathara Kamajaya, dll.


Setelah itu di sebelah timur Pegunungan Menoreh maka sampailah pula ke sebuah Gunung yang paling aktif di Pulau Jawa yaitu Gunung Merapi yang terletak di sebelah utara Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang kaya akan nilai Histeris dan Filosofis yang tidak dapat dipisahkan dari gunung yang dijuluki sebagai “pathoknya” Pulau Jawa.

Pegunungan Menoreh yang membujur dari utara keselatan ini di sebelah Timurnya juga mengalir sungai yang beraliran Deras yaitu Sungai Progo namun sebelum sampai kesungai Progo mesti melewati sebuah kecamatan lagi Yaitu Kecamatan Nanggulan di sebelah timur Pegunungan Menoreh tadi. Dan Sungai Progo ini sekaligus sebagai batas antara Kabupaten KulonProgo Dengan Kabupaten Sleman di sebelah utara dan Kabupaten Bantul di sebelah selatannya.
Selain itu Pegunungan Menoreh juga sebagai batas antara Kabupaten Kulon Progo Dengan Kabupaten Magelang di utara dan Kabupaten Purworejo di sebelah Baratnya dan sekaligus sebagai batas wilayah 2 Provinsi Yaitu Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah karena Kabupaten Purworejo dan Magelang adalah wilayah dari Provinsi Jawa Tengah yang terkenal dengan Candi Borobudur.
Pada Masa Perang Diponegoro Pegunungan Menoreh juga mempunyai arti yang sangat penting karena menjadi basis pertahanan Pangeran Diponegoro melawan Belanda, beliupun di bantu oleh Putranya yaitu Raden Mas Sodewo atau Bagus Singlon yang berjuang di daerah Pegunungan Menoreh ini.
Dengan sedikit keterangan atau posting dari saya ini semoga dapat memberi gambaran pada teman teman yang mungkin membutuhkan informasi tentang Kabupaten Kulon Progo Khususnya Pegunungan Menoreh ini.

Bila berkenan kunjungi juga dibawah ini


1 komentar:

Bila sekiranya berkenan silahkan tinggalkan pesan dibawah ini. Tapi mohon jangan Spam!

Texts