SELAMAT MEMBACA

Pages

24 Agustus 2009

Kulon Progo


Kulon progo adalah sebuah Kabupaten disebelah barat Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Luas wilayahnya 586,27 km² yang sebagian wilahyahnya berada di sekitar Pegunungan menoreh adalah dulu berasal dari 2 kadipten yang bersatu yaitu Kabupaten Kulon Progo yang merupakan wilayah Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kabupaten Adikarto yang merupakan wilayah Kadipaten Pakualaman. Kedua kabupaten ini akhirnya digabung menjadi Kabupaten Kulon Progo pada tanggal 15 Oktober 1951 dan beribu Kota di Wates.

Geliat pembangunan mulai berkembang Kabupaten Kulon Progo bersamaan dengan gaung pembangunan di setiap wilayahnya mulai dari pembangunan sarana dan prasarana jalan, pembangunan perekonomian, perindustrian dan berbagai sarana penunjang yang semuanya telah diakomodir oleh pemerintahnya dalam hal ini Pemkab Kulon Progo. Membangun sebuah wilayah agar menjadi sebuah wilayah yang jauh lebih maju bukanlah perkara mudah dan tentunya harus mengetahui apakah warga masyarakatnya sendiri telah siap untuk menyongsong perubahan dan pembangunan tersebut yang tentunya tidak hanya didukung kesiapan Materi semata tetapi juga aspek Non Materi seperti SDM.

Sebelum memulai pebangunan tentunya dalam hal ini Pemerintah haruslah melakukan setudy kelayakan terhadap wilahyah yang akan terkena dampak langsung dari tahapan demi tahapan Pembangunan itu, dan apakah akan berdampak baik ataukah buruk bukan hanya untuk wilayah yang dekat dengan lokasi pembangunan tersebut tetapi juga masyarakat dalam sekala luas. Tentunya dengan disertai pembangunan transportasi jalan yang akan menghubungan daerah terpencil akan diharapkan dapat mengalami perkembangan ekonomi yang cukup membanggakan selain untuk tujuan membangun desa dan menumbuhkan kota.

Pesisir selatan Kabupaten Kulon Progo yang direncanakan akan dibangun Pabrik Besi Baja sekala Nasional tentunya selain diharapkan akan mendapatkan nilai produksi juga untuk mendongkrak PAD juga sangat diharapkan agar kedepannya dapat menyerap tenaga kerja yang sangat melimpah di Kulon Progo, sehingga nantinya mereka dapat menjadi tuan rumah di Negerinya sendiri dan Perlahan lahan tidak ada lagi warga Kulon Progo yang mesti harus merantau ke daerah laen atau bahkan Negara lain karena di daerahnya sudah tidak ada lagi pekerjaan yang menjadi tumpuhan hidupnya. Sehingga nantinya bersamaan dengan berjalannya waktu akan tidak ada lagi seorang anak jauh dari orang tuanya maupun orang tua jauh dari anaknya.
Semoga saja Pembangunan yang baru direncanakan ataupun yang sudah terlaksana dapat berjalan dengan baik dan dapat bermanfaat untuk kita semua.

Setiyono
princsetiy@yahoo.com


Baca Link Terkait dengan Posting diatas :







0 komentar:

Posting Komentar

Bila sekiranya berkenan silahkan tinggalkan pesan dibawah ini. Tapi mohon jangan Spam!

Texts