SELAMAT MEMBACA

Pages

31 Juli 2010

Mina Raya


Informasi Dan Bisnis. Walaupun sekarang ini di Internet selalu di hiasi informasi tentang bisnis bisnis online yang tentunya harus di modali juga dengan penguasaan internet, ternyata ada pula bisnis offline yang tidak kalah menggiurkan tentunya sebagai bisnis offline kita tidak perlu lagi Online tiap hari, dan di situs Informasi Dan Bisnis ini saya akan mencoba menguraikannya, harapan saya tentunya semoga dapat dijadikan alternative penghasilan juga penambah wawasan di dunia usaha. Info Bisnis ini Berasal dari Minara Raya sebuah kelompok pembudidayaan ikan terpadu atau disebut juga POKDAKAN Mina Raya, kemudian mengenai apa itu Mina Raya dan jenis-jenis ikan apa yang dibudidayakan oleh saudara saudarakita di Mina Raya tersebut akan saya jelaskan lebih lanjut. Namun sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Agus Ariyanto yang juga pengurus Pokdakan Mina Raya atas informasi informasinya. Semoga nantinya pihak Instansi-instansi terkait akan memberi kemudahan untuk memberi fasilitas fasilitas yang barang kali masih belum tersedia namun dibutuhkan di Mina Raya. Namun bila dalam saya menyampaikan informasi di Situs Informasi Dan Bisnis ini masih didapati kesalahan maupun kekurangan saya minta maaf kepada pihak Mina Raya.

Di utara Pantai Trisik, Sebelah selatan Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tepatnya di Dusun VIII Desa Banaran Kecamatan Galur, para warganya secara mandiri merintis usaha pembudidayaan ikan Gurami dan Lele dank arena lokasinya yang setrategis karena berada di sekitar Aliran Sungai Progo maka untuk masalah Air tentu tidaklah jadi persoalan . Mereka dengan keinginan sendiri dan juga dana pribadi dengan antusias membuat sendiri Kolam Permanen maupun Kolam dari terpal Plastik yang selanjutnya ditebari bibit bibit ikan gurami maupun lele. Sehingga di tiap halaman maupun kebun para warga desa banaran dijumpai banyak sekali kolam kolam ikan yang dikelola secara pribadi. Pada akhirnya dengan adanya realita tersebut menimbulkan keinginan warga Dusun VII untuk membuat suatu kelompok bersama yang lebih terorganisir. Maka pada pertemuan/musyawarah bersama para masyarakat pembudidaya ikan, disepakati untuk membentuk kelompok pembudidayaan ikan dengan nama Mina Raya, kemudian disebut dengan POKDAKAN MINA RAYA . Pokdakan Mina Raya ini mempunyai anggota aktif sebanyak 22 orang dan disyahkan pada tanggal 2 januari 2009 oleh Kepala Desa Banaran Bapak Dwi Haryanto juga diketahui PPL Perikanan Kecamatan Galur.

                                      Kantor Balai Desa Banaran, Kecamatan Galur, Kab. Kulon Progo

Dengan Susunan Pengurus sebagai berikut :

Pelindung 1     : Kepala Desa Banaran Bapak Dwi Haryanto

Penasehat       : PPL Perikanan Kecamatan Galur

Ketua            : Dawud Suwandi

Sekretaris     : Surajiman

Bendahara     : Trianto

Seksi Seksi

  1. Produksi                  : Husni Thamrin
  2. Pemasaran               : Joko Pramono
  3. Humas/Dokumentasi : Saiful Affan Dan Agus Ariyanto

                                               Rapat Anggota Pokdakan Mina Raya

Tujuan Dibentuknya POKDAN Mina Raya adalah :

  1. Membangun kualitas hidup barsama untuk masa kini dan masa datang melalui usaha pembudidayaan perikanan berwawasan pada konservasi lahan air dan usahanlain yang menguntungkan.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang perikanan sebagai bentuk ekonomi rakyat.
  3. Mencipatakan produktifitas kerja dan keinginan menambah pendapatan keluarga.
  4. Menjalin hubungan yang harmonis dan kerukunan warga antara pelaku usaha perikanan dengan instansi instansi terkait.

Dan untuk menunjukan keinginan untuk memahami dan berkembang maka Anggota Pokdan Mina  Raya  ke kelompok Peikanan lain yang lebih dulu berdiri dan berhasil pada tanggal 2 Februari 2010 di Usaha Budidaya Perikanan MINA MULIA milik Bapak Drs Sigit Basuki di dusun Gedangan Desa Panjang rejo, Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul. Juga ke tempat pembudidayaan lainnya di Cangkringan Kabupaten Sleman, Toyan wates Kulon Progo, Jodog Palbapang Kabupaten Bantul. Demikian itulah komitmen para warga dusun pedukuhan VIII Desa Banaran Kecamatan GalurKabupaten Kulon Progo  untuk menggeluti usaha Pembudidayaan ikan Mina Raya ini melakukan study banding

Berdasarkan data data pada bulan april 2010 Di kelompok pembudidayaan ikan MINA RAYA  telah memiliki 204 m2 kolam gurami dengan jumlah bibit 5100 ekor, kolam Nila 34m2 jumlah bibit 3400, dan kolam lele 66m2 dengan bibir 13200 ekor.

Sabagai umumnya suatu usaha yang sedang berkembang tentulah tida terlepas dari permasalahan permasalahan  pokok dan krusial,  diantara permasalahan permasalahan Pokdakan Mina Raya tersebut adalah :

  1. Permodalan
  2. Tehnologi Pengelolaan
  3. Srana Prasarana
  4. Mitra kerja
  5. Pemasaran

Walaupun permasalahan permasalahan tersebut selalu ada para anggota Pokdakan Mina Raya Senantiasa berusaha untuk menyelesaikannya secara  bijak melalui musyawarah bersama  dan sesuai dengan kemampuan kelompok.

Kiranya demikian informasi peluang usaha yang baru dapat saya sampaikan dan semoga dapat menjadikan pembelajaran dan renungan dimasa yang penuh dengan persaingan sekarang ini  bahwa ternyata masih banyak usaha usaha yang ternyata bila didasari dengan kesungguhan dan ketekunan dapat dijadikan usaha pokok keluarga sebagaimana dicontohkan oleh saudara saudara kita di Utara Pantai Trisik ini yang telah Berhasil dengan Mina Raya nya semoga dapat di contoh desa desa lainya. Dan Sekali lagi atas nama pribadi dan sekaligus sebagai pengelola/Admin situs Informasi Dan Bisnis saya mengucapkan terima kasih kepada Para pengurus POKDAKAN Mina Raya atas informasinya dan bila ada kurang lebihnya saya mohon maaf. Setiyono

Kunjungi juga tautan dibawah ini :

1 komentar:

  1. Informasi menarik, semoga yang membaca dapat termotivasi buat menciptakan lapangan kerja yang menjanjikan.

    BalasHapus

Bila sekiranya berkenan silahkan tinggalkan pesan dibawah ini. Tapi mohon jangan Spam!

Texts