SELAMAT MEMBACA

Pages

24 Oktober 2009

Termal Paste Pendingin Prosesor

Kali ini di Blog Informasi Dan Bisnis akan mencoba memposting tentang Termal Paste yang merupakan salah satu komponen yang kurang mendapat perhatian khusus bagi para pemilik Komputer, dan mungkin dengan adanya sedikit penjelasan di di Blog Informasi Dan Bisnis ini dapat menambah pengalaman bagi kita tentang apa itu Termal Paste.


Prosesor adalah sebuah komponen dalam computer yang paling riskan terhadap suhu, makin tinggi kecepatan prosesor akan makin panas suhu yang dihasilkan. Maka perlu penanganan yang benar untuk menjaga agar prosesor tetap awet. Pendinginan prosesor biasanya menggunakan headsink yang masih ditambah dengan kipas yang selalu berputar terus menerus agar panas yang dihasilkan oleh prosesor cepat pergi. Namun sebenernya selain heatsink dan fan tadi masih ada sebuah komponen yang juga penting yaitu
Thermal Paste atau Pasta Prosesor.

Fungsi dari Pasta prosesor ini adalah membantu cepatnya pelepasan panas dari prosesor ke heatsink, tanpa Termal Paste ini sebagus apapun pendingin prosesor anda entah itu stock cooling(air cooling), water cooling, bahkan pendingin exstrim seperti dry ice tanpa menggunakan termal paste tidak akan maksimal kinerjanya bahkan mungkin tidak akan berguna.


Termal paste sendiri terbuat dari beberapa jenis bahan, diantaranya :
1. Metal Based
Adalah termal paste yang terbuat dari campuran bubuk logam seperti perak atau aluminium yang sangat halus dan di campur dengan minyak polisintesis agar bias seperti gel. Paste ini memiliki harga relative mahal dan pasta jenis ini telah menjadi standar bawaan Intel maupun Amd. Karena Pasta jenis ini mempunyai konduktivitas yang sangat baik dan menghantarkan listrik. Pasta ini akan berwarna abu abu jika sudah diletakkan di prosesor dan akan menempel sangat kuat.
2. Keramik
Bahan pembuatan pasta ini adalah campuran bubuk keramik dicampur dengan silicon cair. Konduktifitas yang dihasilkan oleh termal paste jenis inipun sudah cukup baik serta tidak menghantarkan listrik . karena harganya yang relative murah maka Thermal ini tergolong lebih banya digunakan. Warna thermal ini adalah putih


Thermal berfungsi untuk mengisi sekat antara prosesor dengan pendingin alumunium atau heatsink. Karena sebenarnya walaupun prosesor dengan heatsink sudah sangat rekat dan sudah terkunci namun sebenernya masih ada rongga diantara komponen tersebut yang tentunya tidak bias dilihat dengan mata telamjang dan akan terisi udara jika tidak ada Thermal Pastanya.
Pasta yang terbuat dari silicon cair akan mentansfer panas ke heat sink antara 80-90 persen sedang pasta dari bahan perak atau aluminium akan mentransfer panas sampai 95 persen. Sedangkan jika sama sekali tidak memakai Thermal Paste maka kekuatan tranfernya bias kurang dari 70 persen. Dalam keadaan setandar penggunaan termal paste akan menurunkan suhu prosesor antara 4 sampai dengan 8 derajat Celcius sesuai jenis pasta, bahan heatsink dan termal paste yang dipakai serta kecepatan fan computer.
Demikian sedikit penjelasan tentang Termal Paste, semoga sobat Informasi Dan Bisnis yang mungkin tadinya belum mengetahui apa itu termal paste setelah membaca posting di Informasi Dan Bisnis ini jadi mengerti apa itu Termal Paste.Informasi Dan Bisnis


5 komentar:

Bila sekiranya berkenan silahkan tinggalkan pesan dibawah ini. Tapi mohon jangan Spam!

Texts